SMA Insan Cendekia Wisuda dengan Torehan Prestasi

Firmansyah Lafiri
Sunday, 30 June 2019 | 06:54 Wita

Cendekia.News, GOWA — SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Gowa melaksanakan wisuda pertama lulusannya pada Ahad (30/6/2019 di Kampusnya Pattalassang Gowa.

Sejak didirikan pada 2016, inilah pertama kali sekolah yang dibina oleh Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII) Sulawesi Selatan ini ini meluluskan siswanya.

SMA Insan Cendekia mencatat prestasi dengan meluluskan siswa sebanyak 43 atau 100 persen dan menorehkan prestasi yang membanggakan pada UNBK 2019.

Prestasi itu antara lain memperoleh nilai tertinggi UNBK bidang IPS se-Kabupaten Gowa dan nilai tertinggi kedua untuk bidang IPA.

Wisuda I itu dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Pusat KB PII Nasrullah Larada, SIP MSi, Pembina Prof Dr Arismunandar, Ketua KB PII Sulsel Syaiful Kasim MMCA dan Direktur LP2-KB, Dr Muchlis DP.

Ketua Umum KB PII Pusat, Nasrullah Larada menyatakan bahwa sekolah ini sudah memberikan pembuktian telah memenuhi standar pendidikan nasional yang dibuktikan dengan kompetensi lulusan yang mencapai prestasi tinggi dalam UNBK.

Itu sebabnya SMA ICSY, kata Nasrullah, SMA Insan Cendekia menjadi percontohan program pendidikan secara nasional di lingkungan pengurus KB PII.

Pembina SMA ICSY yang juga Ketua ICMI Sulsel, Prof Dr Arismunandar yang merintis sekolah ini bersama para alumni PII Sulsel pada 2016 mengatakan, niat awal untuk mendirikan sekolah ini sudah membuahkan hasil dengan melalui prestasi akademik, penguasaan bahasa Inggris dan agama.

Ketiga aspek ini disebut menurut Arismunandar, sebagi pilar utama SMA ICSY.

Selain prestasi UNBK dan berbagai lomba olimpiade, sekolah ini juga berprestasi dalam berbagai lomba bahasa Inggris dan Hafidz. Menurutnya, semua prestasi itu dicapai karena sekolah ini menerapkan sistem berasrama yang mengoptimalkan perkembangan kemampuan siswa.

Wisuda ini juga dimeriahkan oleh berbagai atraksi kesenian seperti paduan suara, tarian, puisi, gitar akustik dan lagu solo.

Untuk diketahui bahwa SMA ICSY telah mendapat kunjungan dari Mendikbud Prof Muhadjir Effendi pada 2017 lalu dan mendapatkan pujian karena menggunakan boarding school atau berasrama.

Saat ini sekolah ini masih membuka penerimaan siswa baru 2019/2020 berasrama hingga tanggal 14 Juli 2019. Menurut Kepala SMA ICSY, Mustakim bahwa kuota siswa baru masih tersedia hingga 20 orang dari daya tampung siswa baru 60 orang.(*)


BACA JUGA