Bersatu

Firmansyah Lafiri
Monday, 17 August 2020 | 22:08 Wita

■ Pesan Dakwah 27 Dzulhijjah 1441H
By: Prof. Veni Hadju

Cendekia.News — Ada pepatah yang mengatakan “Kalau laba-laba bersatu maka mereka bisa mengikat seekor singa.” Ada satu kata yang luar biasa dari kalimat di atas, bersatu.

Tidak sedikit bukti yang tercatat dalam sejarah seperti kemerdekaan negeri kita tercinta yang diperingati pada hari ini. Masyarakat lemah dengan berbagai keterbatasan, tapi bersatu, maka mereka berhasil menang gilang gemilang melawan penjajah.

Rasa kebersamaan kita umumnya melahirkan persatuan. Orang bersatu kalau mereka memiliki tujuan yang sama atau punya kepentingan yang sama. Seringkali konflik terjadi karena tujuan tidak jelas atau bahkan berbeda.

Kadang awalnya punya tujuan yang sama namun dalam perjalanannya ada yang memilih tujuan yang lain. Semoga tujuan untuk merdeka dari penjajah terus terjaga di negeri ini.

Allah berjanji akan mempersatukan hati orang-orang beriman. Orang beriman pasti punya tujuan yang jelas, yaitu kehidupan berberkah di dunia dan akhirat.

Buat apa harta yang bertumpuk, fasilitas yang menggiurkan, jabatan yang diimpikan, kalau tidak diridhai Allah. Kedamaian hanya akan dicapai kalau kita bersatu dalam mengerjakan berbagai kebajikan menuju ridha Allah.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Wata’aawanuu ‘alal birri wattaqwaa, walaa ta’aawanuu ‘alal itsmi wal’udwaan, wattaqullaaha syadiidul ‘iqaab (QS Al Maidah, 5:2).

Artinya: Dan tolong menolong kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksa-Nya.

BERSATULAH DALAM MENCAPAI MIMPI YANG INGIN DIWUJUKAN BERSAMA DI DUNIA DAN AKHIRAT KELAK.■


BACA JUGA