UMI Masih Terbaik, PTS No 1 di Sulawesi

Firmansyah Lafiri
Wednesday, 19 August 2020 | 04:03 Wita

■ Berdasarkan Data Klaster LLDikti IX

Cendekia.News — Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar masih menjadi perguruan tinggi swasta terbaik di Sulawesi, peringkat nomor 1 pada data klaster terbaru yang dirilis Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi.

Menanggapi hal ini, Rektor UMI Prof Dr Basri Modding mengucapkan Alhamdulillah dan bersyukur atas anugerah tersebut terhadap UMI.

“Iya benar UMI tahun 2020 ini oleh Kemndikbud RI ditetapkan pada peringkat 64 dari 2.136 PTN dan PTS se Indonesia, dan UMI PTS nomor 1 di Indonesia Timur, ini berkat dukungan dan doa seluruh civitas akademik UMI dan seluruh stkeholder UMI, terima kasih,” ujarnya.

Pada peringkat Top Ten, 10 besar teratas setelah UMI secara berurutan ditempati pada peringkat kedua untuk klaster 3 yakni Universitas Bosowa dan peringkat ketiga STIE Nobel Indonesia Makassar.

Sedangkan peringkat pertama untuk PTS klaster 4 atau peringkat keempat secara umum (¼) diraih Universitas Kristen Indonesia Paulus, lalu berturut-turut diduduki Universitas Muhamadiyah Parepare peringkat lima (⅖), Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan peringkat 2 (2/6).

Sedangkan Universitas Muhamadiyah Makassar (3/7), Universitas Fajar (4/8), Universitas Islam Makassar (5/9) dan Universitas Klabat Manado peringkat keenam klaster 4 atau peringkat ke 10 secara umum (6/10).

Posisi UMI sebagai PTS terbaik dengan peringkat “namber uno” di Sulawesi atau Indonesia timur bukan hal yang luar biasa lagi karena tahtanya belum terpatahkan hingga beberapa dekade terakhir.

UMI menghimpun skor meyakinkan pada indikator input, proses dan output dan outcome pada kegiatan akademik, penelitian dan pengabdiannya.

Dari data yang dirilis LLDikti IX nampak mengejutkan kinerja dan performance dari tiga PTS “kecil” yakni STIE Nobel, Universitas Muhamadiyah Parepare, Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan yang dengan meyakinkan mampu mengungguli PTS dengan “nama besar” seperti Universitas Muhamadiyah Makassar, Universitas Fajar dan Universitas Islam Makassar.■ fir


BACA JUGA