Marhaen Hardjo Dekan Kedokteran Unibos. Siap Tingkatkan Akrediatasi

Firmansyah Lafiri
Thursday, 24 June 2021 | 06:39 Wita

Cendekia News — Direktur Lembaga Riset Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Dr Marhaen Hardjo MBiomed PhD resmi dilantik sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa (FK Unibos) di ruang Senat Unibos, Kamis (24/6/2021).

Pelantikan ahli Stem Cell (Sel Punca) itu oleh Rektor Unibos Prof Dr HM Saleh Pallu MEng  bersama sejumlah pejabat struktural Unibos lainnya.

Pejabat struktural Unibos yang dilantik tersebut di antaranya dr Marhaen Hardio MBomed Ph.D (Dekan Fakultas Kedokteran), Sri Hayati SPsi MA Psikolog. (Wakil Dekan I Fakultas Psikologi), Dr Ir Andi Rumpang Yusuf MT (Ketua Program Studi Teknik Sipil), Eni Tri Mahyuni ST MT (Ketua Program Studi Teknik Pertambangan) Ir Muh Fikuruddin B Abdul H S Kel  (Ketua Program Studi Teknik Informasi), Ahmad Swandi SPd. MSI P (Ketua Program Studi Pendidikan Fisika), Syahrul Alim SPsi MA. (Ketua Program Studi Psikologi), Tismi Dipalaya, S.Pd. MPd. (Sekrataris Lembaga Penjaminan Mutu).

Hadir pada pelantikan tersebut Pengurus Yayasan Aksa Mahmud Asrul Hidayat MT mewakili founder Bosowa Aksa Makmud, para Wakil Rektor, Sekertaris, jajaran Dekan, Dirut Pascasarjana, dan para Ketua Lembaga di lingkup Unibos.

Prof Saleh Pallu mengungkapkan dirinya dalam waktu dekat akan segera melantik pata Wakil Dekan FK Unibos menunggu izin dari Unhas yang akan meminjamkan  akademisinya.

Khusus kepada Dekan FK Marhaen Hardjo, ia berharap untuk langsung tancap gas bekerja dalam upaya peningkatan akreditasi FK Unibos

“Peningkatan akreditasi ini juga menjadi harapan dari Ketua Yayasan, moga segera diwujudkan sebagai fakultas baru paling muda di Unibos agar bisa sejajar dengan fakultas kedokteran lainnya di Indonesia,” ujarnya.

Asrul Hidayat menambahkan untuk menjadi terbaik dan terbesar sesuai taglinenya Unibos maka peningkatan akreditasi sebagai ukuran yang tak bisa ditawar. 

“Maksimalkan komunikasi dan kolaborasi dengan regulator dan dunia usaha sebagai ekosistim tumbuhnya Unibos,” ujarnya.

Merespon harapan rektor dan pihak yayasan, Marhaen mengaku siap dan segera action untuk mewujudkan peningkatan akreditasi FK Unibos.

Ia mengaku telah menyiapkan program peningkatan kualitas pendidikan dan lulusan Fakultas Kedokteran Unibos. 

“Hal ini sesuai dengan visi misi FK Unibos, yaitu terwujudnya Fakultas Kedokteran Unibos yang unggul, berwawasan industri, berbasis ilmu, dan teknologi kedokteran pada tahun 2023,” ujarnya.

Lanjutnya, dimana tujuan Fakultas Kedokteran Unibos adalah pertama menghasilkan lulusan yang unggul, cerdas, berdaya saing serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika kedokteran yang diakui di tingkat nasional. 

Kedua, menghasilkan kerja sama dan institusi dan perusahaan dalam negeri pada pelaksanaan riset dan peningkatan ilmu dan teknologi kedokteran melalui teknologi informasi. 

“Dan ketiga, terwujudnya program pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran untuk menujang peningkatan kemandirian masyarakat di bidang kesehatan,” tutup Marhaen.■


BACA JUGA