45 Mahasiswa UIM Mulai Diterjunkan ke Sekolah untuk Program Kampus Mengajar Kemendikbud

Firmansyah Lafiri
Tuesday, 03 August 2021 | 06:23 Wita

Cendekia.News — Sebanyak 45 orang mahasiswa Universitas Islam Makassar (UIM) terpilih dan mulai diterjunkan ke sekolah-sekolah yang membutuhkan bantuan tenaga pengajar, dari program Kampus Mengajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud).

Dari program tersebut, juga terpilih 28 dosen UIM sebagai Dosen Pendamping Lapangan (DPL). “Alhamdulillah para DPL terpilih mulai mendampingi dan mengantar mahasiswa ke dinas-dinas kabupaten/kota mulai Senin kemarin untuk mulai mengikuti program Kampus Mengajar,” ujar Koordinator Kampus Mengajar UIM Erwin Nurdiansyah MPd usai rapat serUIM, Selasa (3/7/2021).

DPL Kampus Mengajar angkatan 2 tahun 2021 dari UIM masing-masing dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) 17, Fakultas MIPA 3 dosen, Fakultas Sastra dan Humaniora  2 dosen, dari Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Ilmu Kesehatan, FAI, Fakultas Teknik (FT) dan FISIP UIM masing-masing 1 dosen.

Dosen UIM yang lolos ssebagai DPL berturut-turut Mulyadi, Jusmaniar N, Nur Afni, Rahma Ashari Hamzah, Riskal Fitri,S.Pd.,M.Pd, Wahyullah Alannasir, Jumadi, Ade Sugiarti Kumalasari, Rizka Indahyanti

Nurhayati Selvi, Muhammad Taufik, Ernawati, Abrina Maulidnawati Jumrah, Abd Hakim Naba, Sitti Nurjannah, Dahniar, Nasaruddin R, Supriadi, Muh. Fihris Khalik.

Baso Witman Adiaksa, Endah Dwijayanti, Yasnidar Ruslan, Rachmin Munadi, Hasbi Lambe, Nur Syam, Muhammad Chairil Imran, Saripuddin M dan Sulviana.

Sedangkan mahasiswa UIM yang terpilih menjadi pengajar pada Kampus Merdeka tersebut  dari FKIP 34 mahasiswa, FISIP 5 mahasiswa, FAI 1 mahasiswa, Faperta 2 mahasiswa dan FMIPA 3 mahasiswa.

Mewakili Rektor UIM DR Hj A Majdah M Zain MSi, Wakil Rektor I UIM Prof DR Arfin Hamid SH MH menyampaikan kepada mahasiswa dan dosen UIM yang terpilih dan dipercaya untuk menjadi bagian dari program Kampus Mengajar dari Kemendikbud untuk menjaga kepercayaan tersebut.

“Mereka adalah delegasi dari UIM untuk berkontribusi langsung bagi pendidikan siswa SD dan SMP pada sekolah-sekolah di seluruh Indonesia, khususnya di Sulsel,” jelasnya.

Kampus Mengajar merupakan salah satu kebijakan Kampus Merdeka pada jenis kegiatan Mengajar di sekolah. Program ini merupakan kerjasama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Program ini mengajak mahasiswa untuk berkontribusi langsung bagi pendidikan siswa di 3.251 SD dan 342 SMP pada sekolah-sekolah di seluruh Indonesia dengan mempertimbangkan aspek bidang literasi dan numerasi di pendidikan dasar dan menengah.

Masa penugasan program Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021 ini akan dilaksanakan mulai tanggal 2 Agustus sampai 17 Desember 2021.

“DPL dan mahasiswa ini akan bertugas sampai bulan Desember. Mahasiswa akan mndapatkan insentif salah satunya mendapatkan 20 SKS dari program Kampus Mengajar. 45 mahasiswa UIM itu merupakan bagian dari 22 ribu mahasiswa se-Indonesia yang dilibatkan,” tambah Erwin. ■ fir


BACA JUGA