Kemendikbud Ristek Apresiasi Implementasi MBKM di UIM

Firmansyah Lafiri
Monday, 16 August 2021 | 12:24 Wita

Cendekia News — Pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (BMKM) di Universitas Islam Makassar (UIM) mendapatkan apresiasi dari Ketua Pokja Program PMM MBKM Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendikbud Ristek).

Hal tersebut diutarakan Ketua Pokja Pertukaran Mahasiswa Merdeka MBKM Kemendikbud Ristek DR HA Ilham Makhmud MSi saat hadir secara virtual sebagai narasumber utama Workshop Nasional MBKM UIM, Senin (16/8/2021).

“Dari penjelasan pic (koordinator) PMM MBKM UIM cukup memahami mekanisme dan pelaksanaan kebijakan MBKM, juga ditunjukkan dengan data keterlibatan mahasiswa dan dosen UIM pada kebijakan ini,” ujar Ilham.

DR HA Ilham Makhmud MSi

Workshop MBKM UIM dibuka oleh Wakil Rektor I UIM Prof DR Arfin Hamid SH MH dan dimoderatori oleh Koord program PMM MBKM UIM Badaruddin Kaddas MAg Phd yang juga merupakan Dekan FKIP UIM.

Ada sebanyak 48 mahasiswa UIM yang lolos pada program PMM MBKM, serta 55 mahasiswa dari 14 perguruan tinggi dari Sumatera dan Jawa yang akan mengikuti kuliah di UIM untuk program PMM.

Badaruddin juga mengungkapkan 300 mahasiswa dari berbagai provinsi juga telah memilih mata kuliah online dari UIM. “Selain program PMM, UIM juga dalam implementasi MBKM telah melaksanakan pula program kampus mengajar, magang, dan studi independen,” tambahnya.

Rektor UIM DR Ir Hj A Majdah M Zain MSi dalam sambutan menutup kegiatan tersebut berharap dengan pelaksanaan workshop tersebut akan semakin memantapkan pelaksanaan MBKM di UIM.

“Sejauh ini program pemagaman mahasiswa sudah dilakukan di Fisip UIM hingga beberapa prodi telah mendapatkan hibah MBKM dan beberapa dosen UIM lolos menjadi dosen modul nasional,” urainya.

Majdah mengaku akan menindaklanjuti hasil workshop tersebut dengan membuat kebijakan yang akan menjadi payung hukum dan mekanisme untuk kelancaran pelaksanaan MBKM di UIM selanjutnya.(fir)


BACA JUGA